Perhatikan Firman Allah Swt. Dalam Q.S. Al-Maidah/5: 32 Berikut Ini! Jelaskan Kaitan Ayat Tersebut Dengan Hifzhu Al-Nafs! (Soal PAI Hal.258-262 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka)

Perhatikan firman Allah Swt. dalam Q.S. al-Maidah/5: 32 berikut ini! Jelaskan kaitan ayat tersebut dengan hifzhu al-nafs! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Halo kawan-kawan pelajar semuanya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berkenan mampir di website saya ini, di website bermanfaat.my.id ini saya akan membagikan berbagai macam hal yang menarik dan tentunya bermanfaat untuk kawan-kawan semuanya.
Spesial untuk artikel kali ini, saya akan membagikan pembahasan soal dari soal-soal mata pelajaran jenjang SMA/SMK, lebih tepatnya yakni pembahasan soal untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Dengan adanya pembahasan soal di artikel ini, saya berharap dapat membantu dan bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Langsung saja berikut ini pembahasan soalnya.

Pembahasan Soal PAI Halaman 258-262 Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka
Soal Esay/Uraian :
Perhatikan firman Allah Swt. dalam Q.S. al-Maidah/5: 32 berikut ini!
Jelaskan kaitan ayat tersebut dengan hifzhu al-nafs!

Jawaban :
Ayat pada soal di atas berisi tentang larangan membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain. Setelah hifzhu al-din (menjaga agama), kewajiban selanjutnya yaitu hifzhu al-nafs (menjaga jiwa) atau keberlangsungan hidup manusia. Islam memberi peringatan yang sangat tegas terhadap seluruh/semua perbuatan yang bisa menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.
Pembahasannya :
Firman Allah Swt. dalam Q.S. al-Maidah/5: 32
Artinya: “Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.” (Q.S. al-Maidah/5: 32)

Dengan demikian, ayat pada soal di atas berisi tentang larangan membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain. Setelah hifzhu al-din (menjaga agama), kewajiban selanjutnya yaitu hifzhu al-nafs (menjaga jiwa) atau keberlangsungan hidup manusia. Islam memberi peringatan yang sangat tegas terhadap seluruh/semua perbuatan yang bisa menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

Baiklah kawan-kawan, demikian tadi pembahasan soal PAI mengenai “Perhatikan firman Allah Swt. dalam Q.S. al-Maidah/5: 32 berikut ini! Jelaskan kaitan ayat tersebut dengan hifzhu al-nafs!”. Saya berharap artikel di atas dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua, dan untuk pembahasan soal pada mata pelajaran lainnya akan saya share/bagikan di artikel berikutnya, jadi selalu ikuti terus artikel terbaru di website ini ya kawan-kawan. Sekian dari saya dan terimakasih, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url