Apa Kesepakatan Tentang Dasar Negara Yang Dihasilkan Dari Anggota BPUPK Yang Memiliki Keragaman Latar Belakang Agama Dan Budaya? (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.152 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka)

Apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPK yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya? (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.152 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka) - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Halo kawan-kawan pelajar semuanya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berkenan mampir di website saya ini, di website bermanfaat.my.id ini saya akan membagikan berbagai macam hal yang menarik dan tentunya bermanfaat untuk kawan-kawan semuanya.

Spesial untuk artikel kali ini, saya akan membagikan pembahasan soal dari soal-soal mata pelajaran jenjang SMA/SMK, lebih tepatnya yakni pembahasan soal untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Dengan adanya pembahasan soal di artikel ini, saya berharap dapat membantu dan bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Langsung saja berikut ini pembahasan soalnya.

Pembahasan Soal Uji Pemahaman PPKN Halaman 152 Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka
Soal Uji Pemahaman :
Apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPK yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya?

Jawaban & Pembahasannya :
Kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPK yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya yaitu :
Terdapat 3 pembicara di dalam sidang yang diadakan oleh BPUPKI dalam merumuskan dasar negara dengan mempertimbangkan keberagaman yang ada. Tetapi paparan dari ketiga tokoh tersebut belum menghasilkan kesepakatan. Masalah yang paling mendasar yaitu adanya keberagaman agama sehingga hal tersebut menghasilkan perbedaan pendapat antara golongan agamis yang dalam hal ini berarti Islam dan juga golongan nasionalis.

Setelah dilakukan diskusi yang cukup panjang, pada akhirnya tercetuslah piagam Jakarta yang isinya memuat rumusan dasar Pancasila yang ternyata belum juga memberikan kepuasan hasil bagi semua pihak karena dinilai tidak universal atau mendukung agama tertentu saja. Sehingga, akhirnya sila pertama kembali didiskusikan dan kemudian diganti menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa".

Baiklah kawan-kawan, demikian tadi pembahasan soal PPKN mengenai “Apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPK yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya?”. Saya berharap artikel di atas dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua, dan untuk pembahasan soal pada mata pelajaran lainnya akan saya share/bagikan di artikel berikutnya, jadi selalu ikuti terus artikel terbaru di website ini ya kawan-kawan. Sekian dari saya dan terimakasih, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url