Indonesia Adalah Negara Dengan Keragaman Karakter Dan Sifat Yang Ada Pada Masing-Masing Masyarakatnya. Apa Yang Kamu Lakukan Jika Kamu Menemukan Masyarakat Yang Memiliki Pandangan Atau Sikap Yang Tidak Sama Dengan Adat Atau Tradisimu? (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.140 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka)

Indonesia adalah negara dengan keragaman karakter dan sifat yang ada pada masing-masing masyarakatnya. Apa yang kamu lakukan jika kamu menemukan masyarakat yang memiliki pandangan atau sikap yang tidak sama dengan adat atau tradisimu? (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.140 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka) - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Halo kawan-kawan pelajar semuanya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berkenan mampir di website saya ini, di website bermanfaat.my.id ini saya akan membagikan berbagai macam hal yang menarik dan tentunya bermanfaat untuk kawan-kawan semuanya.
Spesial untuk artikel kali ini, saya akan membagikan pembahasan soal dari soal-soal mata pelajaran jenjang SMA/SMK, lebih tepatnya yakni pembahasan soal untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Dengan adanya pembahasan soal di artikel ini, saya berharap dapat membantu dan bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Langsung saja berikut ini pembahasan soalnya.
Pembahasan Soal Uji Pemahaman PPKN Halaman 140 Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka
Soal Uji Pemahaman :
Indonesia adalah negara dengan keragaman karakter dan sifat yang ada pada masing-masing masyarakatnya. Apa yang kamu lakukan jika kamu menemukan masyarakat yang memiliki pandangan atau sikap yang tidak sama dengan adat atau tradisimu?

Jawaban :
Yang saya lakukan apabila saya menemukan masyarakat yang memiliki pandangan atau sikap yang tidak sama dengan adat atau tradisi saya yaitu :
  • Menyadari bahwa Indonesia mempunyai banyak keragaman tradisi dan budaya.
  • Menunjukkan penghargaan terhadap keragaman adat atau tradisi tersebut walau tidak sama atau berbeda dengan adat atau tradisi saya.
  • Menghargai dan juga menghormati adat atau tradisi dari masyarakat tersebut.
Pembahasannya :
Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman suku dan juga budayanya. Rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Setiap suku mempunyai tradisi dan juga kebiasaan yang berbeda-beda. Wujud menghormati kebudayaan daerah lain bisa dilakukan dengan cara mengakui adanya kebudayaan lain di Indonesia.

Baiklah kawan-kawan, demikian tadi pembahasan soal PPKN mengenai “Indonesia adalah negara dengan keragaman karakter dan sifat yang ada pada masing-masing masyarakatnya. Apa yang kamu lakukan jika kamu menemukan masyarakat yang memiliki pandangan atau sikap yang tidak sama dengan adat atau tradisimu?”. Saya berharap artikel di atas dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua, dan untuk pembahasan soal pada mata pelajaran lainnya akan saya share/bagikan di artikel berikutnya, jadi selalu ikuti terus artikel terbaru di website ini ya kawan-kawan. Sekian dari saya dan terimakasih, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url