Apa Tujuan Dari Sikap Nasionalisme? (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.178 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka)

Apa tujuan dari sikap nasionalisme? (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.178 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka) - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Halo kawan-kawan pelajar semuanya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berkenan mampir di website saya ini, di website bermanfaat.my.id ini saya akan membagikan berbagai macam hal yang menarik dan tentunya bermanfaat untuk kawan-kawan semuanya.
Spesial untuk artikel kali ini, saya akan membagikan pembahasan soal dari soal-soal mata pelajaran jenjang SMA/SMK, lebih tepatnya yakni pembahasan soal untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Dengan adanya pembahasan soal di artikel ini, saya berharap dapat membantu dan bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Langsung saja berikut ini pembahasan soalnya.
Pembahasan Soal Uji Pemahaman PPKN Halaman 178 Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka
Soal Uji Pemahaman :
Apa tujuan dari sikap nasionalisme?

Jawaban :
Tujuan dari sikap nasionalisme antara lain adalah sebagai berikut :
  • Membangun hubungan yang harmonis serta rukun antar individu dan masyarakat.
  • Menumbuhkan serta meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.
  • Berupaya untuk menghilangkan ekstrimisme atau tuntutan - tuntutan berlebihan dari warga negara kepada pemerintah.
  • Membangun dan juga mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota masyarakat.
  • Menjaga tanah air dan juga bangsa dari serangan musuh, baik itu dari luar maupun dari dalam negeri.
  • Menumbuhkan semangat rela berkorban bagi tanah air dan juga bangsa.

Pembahasannya :
Secara bahasa, nasionalisme merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa Inggris yakni nation. Nation memiliki arti bangsa. Apabila merujuk pada arti dari asal katanya, nasionalisme merupakan sesuatu yang berkaitan dengan bangsa. Bangsa sendiri merupakan sebuah rumpun masyarakat yang tinggal di sebuah teritorial yang sama dan mempunyai karakteristik yang hampir sama. Nasionalisme merupakan sikap yang sangat penting untuk dikembangkan di dalam berbangsa dan juga bernegara. Sikap nasionalisme tersebut juga harus ada sejak dini, Negara yang rakyatnya menjunjung tinggi rasa nasionalisme, maka akan menjadi bangsa yang kuat.

Baiklah kawan-kawan, demikian tadi pembahasan soal PPKN mengenai “Apa tujuan dari sikap nasionalisme?”. Saya berharap artikel di atas dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua, dan untuk pembahasan soal pada mata pelajaran lainnya akan saya share/bagikan di artikel berikutnya, jadi selalu ikuti terus artikel terbaru di website ini ya kawan-kawan. Sekian dari saya dan terimakasih, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url