Apa Yang Dimaksud Dengan Wilayah Negara? (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.188 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka)

Apa yang dimaksud dengan wilayah negara? (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.188 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka) - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Halo kawan-kawan pelajar semuanya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berkenan mampir di website saya ini, di website bermanfaat.my.id ini saya akan membagikan berbagai macam hal yang menarik dan tentunya bermanfaat untuk kawan-kawan semuanya.
Spesial untuk artikel kali ini, saya akan membagikan pembahasan soal dari soal-soal mata pelajaran jenjang SMA/SMK, lebih tepatnya yakni pembahasan soal untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Dengan adanya pembahasan soal di artikel ini, saya berharap dapat membantu dan bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Langsung saja berikut ini pembahasan soalnya.

Pembahasan Soal Uji Pemahaman PPKN Halaman 188 Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka
Soal Uji Pemahaman :
Apa yang dimaksud dengan wilayah negara?

Jawaban :
Yang dimaksud dengan wilayah negara adalah salah satu unsur negara yang merupakan satu kesatuan wilayah daratan, perairan pedalaman, perairan kepulauan dan juga laut teritorial beserta dasar laut dan tanah yang ada di bawahnya, serta ruang udara yang ada di atasnya, termasuk juga seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya.
Pembahasannya :
Sebuah wilayah negara, atau wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), menurut Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 adalah salah satu unsur negara yang merupakan satu kesatuan wilayah daratan, perairan pedalaman, perairan kepulauan dan laut teritorial beserta dasar laut dan tanah di bawahnya, serta ruang udara di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Batas wilayah negara diatur berdasarkan regulasi Undang - Undang Dasar Tahun 1945, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76 Tahun 2012 tentang Pedoman Penegasan Batas Daerah. Wilayah perbatasan ternyata mempunyai arti yang sangat vital serta strategis, baik itu dilihat dari sudut pandang perbatasan kabupaten/kota dalam satu provinsi ataupun dilihat dari sudut pandang perbatasan kabupaten/kota antarprovinsi.

Baiklah kawan-kawan, demikian tadi pembahasan soal PPKN mengenai “Apa yang dimaksud dengan wilayah negara?”. Saya berharap artikel di atas dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua, dan untuk pembahasan soal pada mata pelajaran lainnya akan saya share/bagikan di artikel berikutnya, jadi selalu ikuti terus artikel terbaru di website ini ya kawan-kawan. Sekian dari saya dan terimakasih, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url