BERIKUT LEMBAR OBSERVASI INSTRUKSI PEMBELAJARAN PMM 2024

Hai sobat bermanfaat.my.id, kali ini admin akan bagikan lembar observasi kelas Intruksi Pembelajaran. Karena suatu pembelajaran dikatakan berhasi jika metode dan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik atau guru sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didiknya. 

Lalu guru mampu mendorong dan menimbuklkan rasa keingintahuan peserta didik sehingga anak akan aktif terlibat dalam pembelajaran yang dimana akan memancing potensi anak tersebut. Jadi bisa dihipotesakan pembelajaran menjadi berpusat pada peserta didik bukan pada pendidiknya atau guru. Skill inilah yang dicenter selama observasi kelas khusus Intruksi Pembelajaran.

Guru akan berpusat perihal cara mengelola pembelajaran yang tercenter pada peserta didik, in english plesae (student centered learning) tidak bercenter pada pak guru atau bu guru, in english please (teacher centered learning) dan yang jadi pertanyaan adalah bagaimana menimbulkan peserta didik menjadi terpancing untuk aktif dan tidak pasif belajar ? Penjelasannya seperti ini :

1. Gunakan pendekatan ilmiah

2. Komposisi antara ceramah, kegiatan individu, kegiatan kelompok

3. Pembelajaran interaktif dialogis

4. Mulai dari kongkrit ke abstrak

5. Buatlah kelompok

6. Selalu perhatian dan menarik perhatian peserta didik


Berikut kita bahas isi Rubrik Dimensi Fokus Perilaku Instruksi Pembelajaran

1. Guru memberikan penjelasan yang mudah seusia pemahaman awal peserta didik

Perilaku yang dianjurkan

  • Guru menampilkan visualisasi atau ilustrasi yang memudahkan pemahaman peserta didik
  • Guru menjelaskan konsep yang sulit dengan bahasa yang mudah dipahami bahasa
  • Guru menjelaskan konsep disesuaikan hasil asesmen awal

Perilaku yang dihindari

  • Guru menampilkan visualisasi atau ilsutrasi menarik tapi tidak terkait penjelasannya
  • Guru menjelaskan konsep yang sulit dengan istilah-istilah baru yang sulit dipahami
  • Guru menjelaskan konsep hanya mengacu pada perangkat ajar

2. Guru memberikan contoh yang kontekstual dan relevan dengan keseharian

Perilaku yang dianjurkan

  • Guru menjelaskan konsep disertai dengan contoh yang familiar dengan kehidupan peserta didik
  • Guru menjelaskan konsep dikaitkan dengan isu atau topik sehari-hari yang relevan bagi peserta didik
  • Guru memberi kesempatan pada peserta didik berbagai pengelaman yang relevan

Perilaku yang dihindari

  • Guru menjelaskan konsep disertai contoh yang hanya dipahami oleh guru atau orang dewasa
  • Guru menjelaskan konsep tanpa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
  • Guru menggunakan contoh yang sama berulang-ulang

3. Guru menyampaikan penjelasan secara terstruktur dan logis

Perilaku yang dianjurkan

  • Guru menjelaskan konsep secara runtut dari tujuan, konsep inti dan kesimpulan
  • Guru menjelaskan materi baru dihubungkan dengan materi sebelumnya
  • Guru memberi penjelasan dan bimbingan langkah demi langkah disertai dengan demonstrasi

Perilaku yang dihindari

  • Guru memberi instruksi yang terlalu umum sehingga peserta didik kesulitan mengikuti langkah-langkahnya
  • Guru menjelaskan konsep tidak runtut, melompat-lompat antar topik tanpa menjelaskan keterkaitannya
  • Guru tidak mengulang bagian penting dari penjelasannya

Oke, sekarang kita lanjut untuk filenya formnya.

Download Lembar Observasi Kelas Instruksi Pembelajaran (sudah ada isinya tinggal ganti nama)

Bagi yang ingin formnya bisa diunduh di bawah ini

Download Here

Demikian informasi tentang Rubrik Lembar Observasi Instruksi Pembelajaran yang bisa admin sampaikan, kalau ada informasi yang ingin dicari silahkan untuk selalu hub admin di kolom komentar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url