CARAKU MENJAGA KESEHATAN DARI VIRUS

Caraku Menjaga Kesehatan - Hai sobat blogger, akhir-akhir ini kehidupan nyaman kita terganggu oleh wabah virus corona. Hal ini membuat kita wajib harus sering-sering jaga kebersihan diri, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan diri dengan antiseptik. Dengan kita biasa hidup bersih dan sehat diharapkan virus-virus yang berkeliaran tidak menjakit di tubuh kita. Dengan adanya virus corona ini kita dipaksa harus tetap di rumah saja sesuai dengan himbauan dari pemerintah agar kita istisahat cukup agar antibody kita kuat terhadap serangan virus.
CARA SEHAT MENANGANI VIRUS CORONA

Kenapa virus ini sangat berbahaya ? virus corona sangat berbahaya karena belum adanya anti virusnya atau obat untuk yang sudah terjangkit. Namun pada intinya hidup sehatlah yang bisa mengalahkan virus ini. Dengan meningkatkan daya tahan tubuh manusia sesuai himbauan dari pemerintah kita akan lebih safety dari serangan virus corona. Kenapa mesti kita yang hidup sehat ? Virus ini berkembang dalam inangnya dan sebuah virus juga perlu inang untuk dia singgah berkembang. Nah inang tersebut adalah manusia bukan hewan atau unggas yang dulu pernah sangat berbahaya. Virus corona menyerang pada manusia di bagian sistem pernafasan, melalui proses penyebaran sentuhan atau udara dari proses pernafasan manusia yang terjangkit.

Proses ini hampir sama dengan virus influenza namun dengan gejala yang berbeda. Ada beberapa manusia yang terjangkit namun tidak ada tanda-tanda awal khusus tapi tiba-tiba saja langsung badan drop dan sempat ada yang meninggal dalam perjalanan ke suatu tempat. Oleh karena itu pemerintah menyarankan untuk stay di rumah saja dan tidak berpergian atau berkumpul disuatu tempat yang ramai. Kita tahu bahwa penyebarannya sangat cepat dan tidak terlihat. Secara kasat mata orang yang terjangkit virus ini tidak bisa kita bedakan, apakah si A sehat atau sakit akibat virus corona.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Hospital Infection, Februari 2020, virus corona bisa bertahan di beberapa tempat dalam waktu berikut:
  • Di udara =  3 jam
  • Tembaga dan aluminium = 3-4 jam
  • Sarung tangan operasi atau medis = 8 jam
  • Kertas karton atau kardus = 24 jam
  • Besi, baja, dan plastik = 2 – 3 hari
  • Kayu dan kaca= 4 hari
  • Kertas = 4-5 hari
  • Kasus yang lain, virus ini bisa bertahan sampai 5 hari.

Ohya sedikit cerita dari luar negeri juga ada beberapa pemain sepak bola terkenal yang terjangkit virus ini dan diantaranya banyak yang sembuh. Adapun tips yang disampaikan oleh pemain sepak bola yang terjangkit adalah dengan meningkatkan antibody agar virus ini tidak bebas berkembang dalam diri atau tubuh manusia yang menjadi inangnya. Jadi intinya masih ada peluang untuk menghentikan penyebaran virus ini agar tidak berkembang dalam tubuh dengan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Terus bagaimana kita menjaga kesehatan agar terhindar dari virus yang sangat berbahaya ini ?  Nah ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar terhindar dari virus ini karenabelum ada obatnya maka kita harus mencegahnya, antara lain dengan cara berikut :
  1. Pastikan kita mencuci tangan dengan sabun antiseptik dan membasuhnya dengan air yang mengalir, supaya kuman-kuman dan bakteri yang melekat di tangan kita mati. Lalu ketika kita sedang keluar sebelum mencuci tangan jangan pegang hidung atau mulut kita. Pastikan tangan kita bersih dulu baru kita bebas pegang anggota tubuh kita yang lain.
  2. Siapkan hand sanitizer saat berpergian dalam keadaan yang penting, hal ini tidak terlalu dianjurkan karena kuman hanya mati saat itu saja dan ketika masih dalam perjalanan tetap saja nanti akan dapat kuman lagi, jadi setalah sampai di rumah jangan lupa untuk mencuci tangan.
  3. Jangan sentuh bagian muka terutama hidung dan mulut karena sistem pernafasan kita yang merupakan jalur masuk virus corona.
  4. Konsumsi makanan yang bergizi agar kita kebal terhadap segala virus dan penyakit yang mengintai manusia. Contoh makanan bergizi agar membuat sistem kekebalan tubuh kita kuat yaitu dengan mengonsumsi madu, jahe, susu, sayur-sayuran dan pastikan mengkonsumsi makanan yang benar-benar matang.
  5. Menjaga lingkungan agar tetap dalam keadaan bersih baik di rumah atau di kantor kalau masih ngantor. Cara pembersihannya dengan disinfektan agar virus dan kuman mati tidak menyebar ke dalam tubuh manusia.
Nah demikian informasi kesehatan yang bisa saya bagikan untuk sobat blogger. Jangan lupa untuk berkomentar tentang artikel ini, mungkin ada tambahan tentang tips-tips untuk mencegah corona berkembang dalam tubuh manusia. Jangan lupa untuk berdoa sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Semoga Indonesia cepat bersih dari virus corona.
Maslikhah
Maslikhah Seorang ibu rumah tangga yang memberikan informasi pendidikan dari sumber-sumber website terakurat

No comments for "CARAKU MENJAGA KESEHATAN DARI VIRUS"