5 MAKANAN YANG MEMBUAT PUASA ANDA SEGAR DAN BUGAR

Ingin Puasa tanpa lemes dan Tetap Segar Bugar Walaupun Sudah Sore ? - Puasa mengharuskan umat muslim untuk menahan hawa nafsu baik itu secara lahir dan batin. Jika pada keseharian kita sering makan dan minum tepat waktu agar kondisi kita tetap terjaga, beda lagi saat kita berpuasa maka kebiasaan makan dan minum harus dirubah dari kebiasaan. Puasa mewajibkan umat muslim untuk makan dan minum saat sahur dan buka kemudian setalah berbuka baru kita bebas untuk mengkonsumsi makanan yang lainnya.

Umat muslim diharuskan menahan diri sejak imsyak sebelum subuh sampai beduq magrib antara jam setengah 6 sore. Untuk itu umat muslim harus pandai-pandai mengatur makanan apa saja yang pas dan bisa membuat tubuh tahan terhadap segala cobaan. Salah satunya adalah makanan sahur yang mempunyai banyak serat dan jauh dari kolesterol atau berminyak yang berlebihan. Pemilihan makanan juga sangat penting karena bisa mempengaruhi ketahanan tubuh manusia dalam menjalankan puasa wajib pada bulan suci Ramadhan.

Untuk itu saya secara khusus berbagi pengalaman tentang makanan apa saja yang pas untuk mendukung kita umat muslim supaya tahan puasa tidak makan seharian sampai adzan magrib berkumandang.

Berikut adalah cara agar bagaimana kita tetap segar dan bugar selama menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan :

1. Konsumsi Protein dan Karbohidrat Kompleks

Selama puasa penting sekali konsumsi protein tinggi untuk memenuhi nutrisi tubuh. Makanan seperti daging ayam, telur, ikan, keju, yogurt dan lain-lain merupakan asupan protein yang bisa kamu konsumsi.

Konsumsi juga karbohidrat komplek serta makanan yang kaya akan serat untuk mengembalikan kekuatan tubuh. Contohnya nasi merah, kentang dan ubi, oatmeal atau sereal.

2. Buah-Buahan

Dehidrasi saat puasa juga dapat dikurangi dengan meningkatkan porsi makan buah-buahan dibanding hari biasanya. Untuk berbuka puasa, Anda bisa konsumsi kurma, anggur, kelengkeng, mangga, pisang, dan rambutan.

Buah-buahan tersebut mengandung gula tinggi, sehingga bisa langsung menaikkan kadar gula darah dan membuat tubuh segera berenergi.

Sementara saat sahur, pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak air, dan tinggi serat. Contohnya apel, pepaya, melon, buah naga, dan pisang. Buah yang mengandung banyak cairan bermanfaat untuk hidrasi tubuh selama puasa dan mengurangi rasa haus. Sedangkan buah yang tinggi serat memiliki penyerapannya lebih lambat di dalam tubuh sehingga akan terasa kenyang lebih lama.

3. Air Putih

Potensi dehidrasi selama puasa lebih besar dari hari biasa. Oleh karena itu meminum air putih delapan gelas per hari sangat disarankan. Anda bisa membaginya per gelas antara sahur dan berbuka.

Mulai dengan air minum hangat di waktu berbuka akan lebih menyehatkan bagi tenggorokan dan tubuh. Ketika sahur pastikan minum air yang cukup supaya tidak tersedak dan membantu makanan tercerna dengan baik.

4. Sayuran Segar

Sayuran sangat baik untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi dan mineral yang cukup selama berpuasa. Sayuran yang bagus diolah dengan cara dijadikan sup dan tumisan. Jadi, jangan lupa perbanyak konsumsi sayuran untuk membantu kamu lebih kuat untuk berpuasa.

5. Kurma

Salah satu makanan favorit saat bulan puasa adalah kurma, karena banyak memberikan tenaga serta menjadi sunah saat berpuasa. Konsumsi kurma yang baik akan membantu Anda mendapatkan tenaga secara cepat ketika berbuka puasa, dan menjaga kondisi badan tetap bugar ketika sahur menjelang.

Nah silahkan teman-teman konsumsi makanan yang sehat dan segar supaya tubuh kita tetap sehat segar dan bugar selama menjalankan ibadah puasa walaupun tetap bekerja untuk mencari nafkah yang halal dan barokah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url