INILAH KEUNIKAN BULAN PUASA RAMADHAN

Hal-Hal unik selama bulan suci Ramadhan - Apa saja yang ada di bulan Ramadhan tahun 2022. Mungkin artikel kali ini secara umum para pembaca pasti sudah memahami apa itu bulan puasa Ramadhan. Namun yang unik dari bulan suci ini sebagian besar orang tahu namun terkadang tidak memahami keunikan - keunikan bulan suci Ramadhan di Indonesia khususnya. Untuk itu saya rangkum secara khusus untuk kalian yang luput dari pengamatan. Tentu saja hal unik ini akan kalian sadari setelah membaca artikel ini.

Sebelum kita membahas secara umum, mari kita bahas secara agama islam bagaimana sakralnya bulan suci Ramadhan ini, tentu saja hal-hal yang utama duluan kita bahas antara lain :
  • Malam Lailatul Qadar : Malam seribu bulan, suatu malam yang ada di dalam Al Quran kitab suci umat islam (Kitab tidak ada perubahan dari awal turun hingga akhir zaman). Dalam Al Quran, malam lailatul qadar digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari pada malam seribu bulan. Kita bisa mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan malam seribu bulan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan, terlebih pada 10 hari terakhir bulan puasa.
  • Malam diturunkannya Al Quran : dimana Al Quran diturunkan untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya terang, mengarahkan manusia kepada jalan yang benar dan menjauhkan kepada jalan yang menyimpang. Turunnya Al Quran di bulan Ramadhan tertulis dalam QS Al Baqarah ayat 185 yang artinya : Bulan Ramadhan yang telah diturunkan di dalamnya Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelas dari petunjuk dan pembeda. (Al Baqarah: 185)
  • Amalan yang dilipat gandakan : Pada bulan Ramadhan, setiap amalan yang lakukan pasti akan mendapat pahala yang besar. Khusus di bulan ini, ibadah yang kita jalankan nilai dan pahalanya akan berlipat ganda. Ada banyak amalan serta ibadah istimewa yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan, seperti solat tarawih dan memberi makan orang yang berpuasa. Oleh karena itu, manfaatkan Ramadhan 2020 ini dengan perbanyak amalan kebaikan, karena Allah SWT tekah membuka banyak jalan untuk kita mengumpulkan amalan ibadah.
  • Bulan penuh Berkah : Keberkahan bulan Ramadhan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: 1. Sepuluh malam pertama adalah periode penuh rahmat Allah, 2. Setelah 10 hari pertama atau 10 hari kedua berisi dengan banyak maghfirah atau ampunan, 3. 10 hari terakhir sebagai periode pembebas manusia dari api neraka. Dapat dikatakan, setiap harinya dalam bulan Ramadhan penuh dengan keberkahan. Jika kita menjalani seluruh ibadah wajib dan sunnah pada bulan Ramadhan, setiap harinya akan ada berkah yang kita dapatkan.
  • Bulan dimana dikabulkannya do'a : bulan Ramadhan 2022 kali ini bisa kamu manfaatkan untuk memanjatkan semua doa dan keinginan, karena niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa yang kamu panjatkan. Allah SWT juga melimpahkan ampunan-Nya kepada orang-orang yang melaksanakan puasa Ramadhan atas dasar keimanan yang jujur dan mengharapkan pahala di sisi Allah SWT. 
Nah itu adalah sebagian besar dari manfaat utama bulan suci Ramadhan, sekarang kita bahas hal-hal yang unik selama Ramadhan di Indonesia khususnya.
  • Iklan sirup bermunculan di layar televisi kalian
  • Munculnya tukang es kelapa muda dan gorengan plus kolak manisnya
  • Single group band yang merilis lagu religi
  • Acara tv ramadhan seperti komedi dan ceramah 7 menit pastinya
  • Razia ormas ke cafe-cafe yang nakal buka dalam bulan Ramadhan
  • Ustadz-ustadz muda muncul di TV
  • Arti pada menjemput hidayah pada bulan suci Ramadhan
  • Baju Koko, Mukena baru dan perlengkapan yang lainnya serba baru
  • Antrian di terminal, pelabuhan dan stasiun bahkan bandara
  • Ziarah kubur pasti rame sebelum dan akhir puasa Ramadhan
  • Harga sembako pada naik drastis 
Nah yang jadi pertanyaan apakah ini semua akan terjadi di tahun 2022 ini yang saat ini kita sedang diuji oleh Allah SWT dengan wabah penyakit yang belum ada obatnya. Semoga penyakit ini segera pergi dari Indonesia dan kembali pulih sebelum bulan suci Ramadhan nanti.

Ohya apabila ada tambahan silahkan isi di kolom komentar ya, semoga artikel saya selalu menjadi warna tersendiri bagi kalian para pembaca blog ini. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url