ENERGI KONTRAKSI OTOT DAPAT BERASAL DARI BEBERAPA SUMBER, KECUALI

Energi Kontraksi Otot Dapat Berasal Dari Beberapa Sumber, Kecuali - Kontraksi otot dipicu oleh sinyal otak. Energi dari makanan yang dikonsumsi merupakan penyebab timbulnya kontraksi otot. Kontraksi otot adalah salah satu mekanisme kerja otot. Sistem saraf memberikan potensial aksi sebagai sinyal ke dalam sel-sel otot. Asetilkolin merespon sinyal dengan menimbulkan reaksi kimia. Reaksi ini menghasilkan kalsium dalam otot dan mengaktifkan kerja dari senyawa aktin dan miosin. Kinerja ini yang kemudian menimbulkan pemendekan atau penegangan pada otot.

Soal

Energi kontraksi otot dapat berasal dari beberapa sumber, kecuali....

A. ATP
B. ADP
C. Keratin fosfat
D. Glikogen
E. Kalsium fosfat

Jawaban

E. Kalsium fosfat

Pembahasan

Energi kontraksi otot dapat berasal dari:
  • ATP 
  • Keratin fosfat
  • Glikogen
ATP (Adenosine Tri Phosphat) merupakan sumber energi utama untuk kontraksi otot. ATP berasal dari oksidasi karbohidrat dan lemak. Kontraksi otot merupakan interaksi antara aktin dan miosin yang memerlukan ATP.

Fosfokreatin merupakan persenyawaan fosfat berenergi tinggi yang terdapat dalam konsentrasi tinggi pada otot. Fosfokreatin tidak dapat dipakai langsung sebagai sumber energi, tetapi fosfokreatin dapat memberikan energinya kepada ADP.

Pada otot lurik jumlah fosfokreatin lebih dari lima kali jumlah ATP. Pemecahan ATP dan fosfokreatin untuk menghasilkan energy tidak memerlukan oksigen bebas. Oleh sebab itu, fase kontraksi otot sering disebut fase anaerob.

Nah itu tadi sedikit penjelasan terkait dengan soal sumber energi otot. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu kalian dalam menjawab soal terkait. Ohya jangan lupa untuk membagikan informasi yang bermanfaat untuk orang sekitar kalian. Supaya kalian mendapatkan amalan yang tidak pernah putus sampai hari akhir hayat. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url