PERHATIKAN GAMBAR BERIKUT. TIPE PERKECAMBAHAN YANG DITUNJUKAN OLEH GAMBAR TERSEBUT

Perhatikan gambar berikut. Tipe perkecambahan yang ditunjukan oleh gambar tersebut -  Perkecambahan adalah proses awal pertumbuhan suatu tumbuhan, terutama pada tumbuhan berbiji. Tumbuhan berbiji akan mulai aktif dan berkecambah setelah air masuk ke dalam benih atau yang biasa disebut dengan imbibisi air.

Dalam proses perkecambahan, akan dimulai setelah menyerap air dari lingkungan sekitar. Umumnya, air yang masuk ke dalam biji akan memicu hormon dan enzim untuk bekerja, sehingga embrio dalam biji mulai tumbuh. Proses perkecambahan benih tidak tergantung kepada ketersediaan nutrisi dalam tanah karena adanya endosperma.

Soal

Perhatikan gambar berikut.

Tipe perkecambahan yang ditunjukan oleh gambar tersebut adalah....
A. epigeal, kotiledon dan plumula terdorong ke atas permukaan tanah
B. epigeal, posisi kotiledon tetap berada di bawah tanah dan plamula keluar
C. epigeal, bagian epikotil tumbuh memanjang dan plamula keluar
D. hipogeal, kotiledon diatas permukaan tanah , bagian hipokotil memanjang
E. hipogeal, kotiledon tetap ditanah, bagian epikotil memanjang

Jawaban

E. hipogeal, kotiledon tetap ditanah, bagian epikotil memanjang

Pembahasan

Perkecambahan adalah proses awal pertumbuhan setelah masa dormansi biji terjadi, perkecambahan ini dapat dibedakan dalam dua jenis berdasarkan posisi kotiledon ketika proses perkecambahan dan bagian dari bakal tumbuhan yang mengalami pemanjangan.

Epigeal berasal dari dua kata epi (atas) dan geo (tanah), adalah sebutan ketika kotiledon terdorong bagian hipokotil yang mengalami pemanjangan, sehingga berada diatas tanah saat terjadi perkecambahan. Plumula selanjutnya juga tentunya akan tumbuh di atas tanah, setelah kotiledon membuka menjadi dua. Perkecambahan epigeal umumnya terjadi pada tumbuhan dikotil, contohnya seperti kacang hijau, ubi kayu, kentang dan lainnya.

HIpogeal, adalah perkecambahan yang terjadi ketika kotiledon tetap berada dibawah tanah, dan yang mengalami pemanjangan hanyalah bagian epikotil, hipokotil hanya mengalami sedikit pemanjangan sehingga tidak sampai mendorong kotiledon ke atas tanah. Bagian yang selanjutnya muncul diatas tanah hanyalah plumula dan epikotil saja. Perkecambahan ini umumnya terjadi pada tumbuhan monokotil seperti jagung, kacang kapri, kurma dan padi.

Tentu saja hal ini hanya berlaku dengan asumsi biji diletakkan dibawah tanah pada awal perkecambahan.

Nah demikian informasi pembahasan artikel kali ini. Semoga dapat membantu kalian yang mencari jawaban dan penjelasan terkait dengan materi perkecambahan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url