TIKUS RAMBUT HITAM EKOR PANJANG HHPP DISILANGKAN DENGAN TIKUS BERAMBUT PUTIH

Tikus Rambut Hitam Ekor Panjang Hhpp Disilangkan DenganTikus Berambut Putih - Salam hangat buat kalian semua, kali ini saya akan membahas soal tentang turun temurun. Alias bahas keturunan dari hasil persilangan. Kita bahas pengertian dari Genotip dan fenotip dulu, yaitu dua istilah yang sering muncul dalam konsep pewarisan sifat. Namun, masih banyak orang yang bingung jika ditanya soal perbedaan keduanya. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai genotip dan fenotip.

1. Pengertian genotip
Genotip adalah identitas genetik lengkap yang diwariskan dari orang tua ke anak. Genotip terdiri dari susunan genom yang khas dan berbeda tiap orangnya, kecuali pada kembar identik.

Contoh dari genotip adalah gen yang mewarisi warna mata, bentuk hidung, warna rambut, ukuran sepatu, hingga tinggi badan.

Jika orang tua memiliki warna mata hitam, maka Anda, sebagai keturunan yang mewarisi gennya, juga akan mempunyai kesamaan warna mata yang.

Contoh lain dari genotip juga bisa dilihat pada pengidap albinisme. Albinisme bisa terjadi karena mutasi gen TYR. Jadi, yang disebut sebagai genotip adalah gen TYR tersebut. Sementara itu warna kulit yang putih pucat, termasuk bagian dari fenotip.

2. Pengertian fenotip
Fenotip adalah ciri khas pada satu individu yang bisa dengan mudah diamati secara fisik, seperti warna mata, tinggi badan, dan warna kulit. Ciri khas ini, meski pada awalnya ditentukan oleh genotip, juga bisa berubah menyesuaikan lingkungan tempat tinggal.

Sebagai contoh, orang tua memiliki warna kulit yang terang, sehingga Anda pun terlahir dengan warna kulit yang serupa. Namun karena tinggal di area panas, maka lama-kelamaan warna kulit Anda jadi menggelap.

Warna kulit Anda sekarang, yang sedikit gelap, adalah fenotip. Sementara itu genotip berperan menentukan warna kulit asli Anda, yang seharusnya terang.

Contoh lain dari fenotip dari makhluk hidup juga bisa terlihat pada burung flamingo. Tahukah Anda, burung yang terkenal dengan warna merah mudanya yang cantik, sebenarnya memiliki bulu asli berwarna putih?

Warna merah muda pada burung flamingo, muncul karena mereka mengonsumsi organisme yang memiliki pigmen berwarna merah muda. Akibatnya lama-kelamaan, warna asli bulun pun hilang, dan tergantikan karena pengaruh lingkungan.

Soal

Tikus rambut hitam ekor panjang (HHPP) disilangkan dengan tikus rambut putih ekor pendek (hhpp). Pada F2, beberapa kemungkinan munculnya tikus yang mempunyai fenotip yang sama dengan induk yang dominan apabila F1 dikawinkan dengan sesamanya?

A. 6,25%
B. 18,75%
C. 25%
D. 56,25%
E. 100%

Jawaban

D. 56,25%

Pembahasan
Perbandingan Fenotipnya adalah :

Hitam ekor panjang : hitam ekor pendek : putih ekor panjang : putih ekor pendek adalah 9 : 3 : 3 : 1
Maka jumlah fenotip yang sama dengan induk dominan (hitam ekor panjang ) = x 100 % = 56.25 %
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url