PERHATIKAN DIAGRAM SINTESIS PROTEIN BERIKUT. PERISTIWA YANG TERJADI PADA NOMOR 1

Perhatikan Diagram Sintesis Protein Berikut. Peristiwa YangTerjadi Pada Nomor 1 Adalah - Transkripsi merupakan proses pencetakan mRNA oeh DNA yang berlangsung di dalam inti sel dibantu oleh enzim RNA polimerase. Transkripsi terdiri dari 3 tahap yaitu: inisiasi (permulaan), elongasi (pemanjangan), terminasi (pengakhiran). 

Inisiasi
Inisiasi terjadi ketika RNA polimerase berada di promoter. Promoter merupakan daerah DNA di mana RNA polimerase melekat dan mengawali transkripsi. Suatu promoter menentukan di mana transkripsi dimulai, juga menentukan yang mana dari kedua untai heliks DNA yang digunakan sebagai cetakan.  

Elongasi
Saat RNA polimerase bergerak di sepanjang DNA, RNA polimerase membuka pilinan heliks ganda DNA, sehingga terbentuk molekul mRNA yang akan lepas dari cetakan DNAnya. Rantai DNA yang mencetak mRNA disebut rantai sense sedangkan pasangan rantai sense yang tidak mencetak mRNA disebut antisense. Rantai sense DNA memiliki triplet yang merupakan pasangan tiga basa nitrogen yang disebut kodogen. Kodogen mencetak triplet pada rantai mRNA yang disebut kodon. Kodon berfungsi untuk mengkodekan jenis asam amino tertentu yang diperlukan dalam sintesis protein.

Terminasi
Terminasi terjadi ketika RNA polimerase mentranskripsi urutan DNA di terminator. Terminator yang ditranskripsi merupakan urutan mRNA yang berfungsi sebagai sinyal terminasi. Setelah mRNA terbentuk, mRNA keluar dari inti sel melalui pori-pori membran inti menuju ribosom dalam sitoplasma dan berikatan dengan rRNA pada ribosom.

Soal

Perhatikan diagram sintesis protein berikut.



Peristiwa yang terjadi pada nomor 1 adalah....

A. translasi, pencetakan mRNA oleh DNA
B. transkripsi, duplikasi DNA
C. translasi, penerjemahan mRNA oleh tRNA
D. transkripsi, pencetakan mRNA oleh DNA
E. replikasi, duplikasi DNA

Jawaban

D. transkripsi, pencetakan mRNA oleh DNA

Pembahasan

Proses sintesis protein terdiri atas dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi. Pada diagram tersebut, peristiwa yang ditunjukkan dengan garis putus-putus adalah peristiwa transkripsi (nomor 1) yaitu pencetakan mRNA dari DNA (nomor 2). Peristiwa transkripsi berlangsung di dalam nukleus. Selanjutnya mRNA yang terbentuk akan menuju ribosom dam mengalami peristiwa translasi (nomor 3). Translasi merupakan proses penerjemahan kode yang dibawa mRNA oleh tRNA (nomor 4) menjadi asam amino (nomor 5) yang berjajar membentuk urutan sesuai kode yang dibawa mRNA sehingga terbentuk protein. 

Nah itu tadi pembahasan yang saya bagikan kepada kalian guys. Semoga kalian dapatkan ilmunya ya. Ohya jangan lupa untuk berkomentar jika ada soal yang susah dan perlu kalian cari tahu pembahasannya. Silahkan berbagi kepada teman-teman atau saudara kalian jika informasi dari artikel ini sangat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url