MANAKAH PERNYATAAN BERIKUT YANG TIDAK BENAR

Manakah Pernyataan Berikut Yang Tidak Benar ? - Peroksisom yaitu suatu ruangan metabolisme khusus yang dikelilingi oleh membrane tunggal. Peroksisom mengandung enzim yang menyalurkan hidrogen dari berbagai substrat ke oksigen dan menghasilkan hidrogen peroksida sebagai produk samping. Selanjutnya, peroksida diuraikan oleh katalase menjadi H2) dan O2. Peroksisom juga berhubungan erat dengan mitokondria, retikulum endoplasma dan kloropas.

peroksisom merupakan organel yang cukup beragam. Hal ini bergantung pada spesies studi dan jenis selnya. Mereka mampu memodifikasi komposisi enzimatik interior. Peroksisom juga dapat berubah sesuai dengan lingkungan tempat mereka terpapar. Contohnya, peroksisom akan mengecil jika dalam ragi terdapat karbohidrat. Namun, saat peroksisom tumbuh di lingkungan yang banyak metanolnya, maka ia akan lebih besar.

Soal

Manakah pernyataan berikut yang tidak benar?
A. peroksisom hanya terdapat pada sel hati dan ginjal
B. peroksisom menghasilkan enzim katalase dan oksidatif
C. enzim katalase mengubah hydrogen peroksida (H2O2) menjadi air dan oksigen
D. sel tumbuhan tidak memiliki peroksisom
E. peroksisom dapat memperbanyak jumlahnya melalui pembelahan

Jawaban :

D. sel tumbuhan tidak memiliki peroksisom

Pembahasan :

Peroksisom adalah organel menyerupai kantong berbentuk agak bulat, mengandung butiran kristal, dan diselubungi membran tunggal. Pada hewan, peroksisom banyak di temukan di dalam sel hati dan ginjal. Pada tumbuhan, peroksisom dapat ditemukan di kloroplas dan mitokondria pada sel-sel daun.

Nah itu tadi seidikit pembahasan yang bisa saya bagikan ke kalian. Semoga kalian terbantu dalam menemukan apa yang kalian ingin tahu. Apabila ada kesalahan atau kekurangan silahkan kalian bisa informasikan di kolom komentar. Demikian pemabahasan artikel kali ini tentang peroksisom tidak ada dalam tumbuhan. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url