Contoh Teks Naskah Pidato Singkat Hari Kartini 2022

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Hari Kartini Tahun 2022 – RA Kartini adalah salah satu pahlawan Indonesia yang patut untuk dikenang, pidato dibawah ini memberikan pemahaman bagaimana jasa-jasa Kartini bagi bangsa Indonesia, terutama kaum wanita.

Sehingga jasa beliaulah nilai derajat wanita dapat terangkat terutama pada negara Indonesia ini. Yuks kita simak saja beberapa contoh teks pidato singkatnya di bawah ini.

Berikut Contoh Teks Pidato Singkat Memperingati Hari Kartini 2022

Contoh 1

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang saya hormati,

Bapak dan Ibu Guru yang ada di Sekolah,

Dan teman-teman yang saya cintai semuanya.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadiran Allah swt yang telah memberikan karunianya kepada kita semua sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat. Pada hari ini izinkan saya untuk membacakan sebuah pidato untuk mengisi perayaan hari Kartini yang jatuh pada hari ini.

Habis gelap terbitlah terang, kalimat istimewa yang tidak bisa kita lepaskan dari Raden Ayu Kartini. Sosok wanita hebat pejuang kemerdekaan bagi kaum wanita yang ada di Indonesia. Yang dimana pada zaman dahulu wanita dipandang sebelah mata.

Namun, pemikiran itu runtuh dan dilawan sungguh-sungguh oleh wanita yang lahir di Jepara ini. Bahwasannya, sebagai manusia, baik itu laki-laki maupun wanita semuanya memiliki derajat maupun status sosial yang sama. Tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah, semuanya sama, semuanya seimbang, semuanya sama-sama membutuhkan. Laki-laki butuh wanita, sedangkan wanita juga butuh laki-laki. Jadi, kenapa harus ada perbedaan status sosial?

Itulah, inti merah pemikiran merdeka dari sosok wanita yang suka berpakaian batik ini. Beliau yang sungguh peduli akan nasib para wanita pribumi yang pada kala itu status sosialnya sangat rendah sekali. Hadirnya yang kerap sekali disepelekan yang hanya dijadikan sebagai obyek pemuas laki-laki semata.

Benih-benih itu muncul, ketika wanita Jepara ini mulai menulis dari selembar surat hingga puluhan surat yang ditulisnya, semata-mata untuk menuangkan keluh kesahnya akan nasib wanita pribumi. Dimana surat-surat itu akan selalu dikenang sepanjang masa oleh para penerusnya.

Habis gelap terbitlah terang memang benar adanya, hasil buah pemikiran-pemikiran Kartini di masa gelap tersampaikan kepada para generasi-generasi di masa yang benderang ini. Perjuangannya mampu menginspirasi banyak kaum wanita pribumi, sehingga manfaatnya dapat dirasakan bersama-sama sampai hari ini.

Sekian pidato yang bisa saya bawakan pada kesempatan perayaan hari Kartini ini, jika ada kesalahan kata maupun kesalahan yang saya buat. Mohon untuk dimaafkan, terima kasih atas kesempatan dan waktunya.

Wassalamu’alaikum wr. wb

Contoh 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera kami sampaikan kepada kita semua.

Pada Hari ini, tanggal 21 April adalah hari yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia karena di tanggal inilah lahir seorang pelopor pembela bagi wanita.

Ibu Kartini merupakan sosok wanita pejuang yang membela negara Indonesia, dibalik perjuangannya dan gerakan wanita yang pengaruhnya terasa sampai sekarang.

Perjuangan beliau begitu gigih karena pada zaman dahulu, keberadaan dan kebebasan kaum wanita sangat minim.

Karena pada zaman itu Kaum wanita hanya boleh mengurusi masalah rumah tangga, termasuk di dalamnya tidak diperbolehkan mengenyam bangku pendidikan.

Melihat keadaan yang sangat merugikan kaum wanita, sosok Kartini hadir untuk memerdekakan kaum wanita. Kartini senantiasa berjuang untuk meningkatkan harkat dan martabat wanita.

Tidak sampai disitu, Kartini juga memperjuangkan wanita untuk dapat memilih dan menentukan nasib serta keputusan sendiri. Tentunya, jaman dahulu hal tersebut mustahil dilakukan oleh wanita.

Walaupun gerakan emansipasi wanita begitu ditentang, namun Kartini tetap bersih keras berjuang untuk mengajak kaum wanita menumpas kebodohan.

Hadirin yang berbahagia, proses perjuangan Kartini yang pantang menyerah, memberikan pengaruh yang besar bagi nasib kaum wanita Indonesia sampai sekarang.

Beliau dapat tersenyum melihat hasil perjuangannya berbuah manis. Lihatlah diri kalian yang berdiri di sini, khususnya bagi kaum wanita. Berkat sosok Kartini-lah kita mampu berkarir setara dengan kaum pria.

Hadirin yang terhormat, marilah kita syukuri dan lanjutkan perjuangan beliau sebagai tiang negara. Tidakkah negara akan hancur apabila kaum wanita pun hancur.

Tetaplah berkontribusi pada negara sesuai kemampuan tanpa melanggar kodrat seorang wanita.

Mudah-mudahan pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat.
Selain itu, juga dapat memacu kita semua untuk terus semangat sebagaimana sosok Kartini berjuang di masa lampau.

Wabilahitaufik walhidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nah itu tadi beberapa contoh dari teks naskah pidato singkat untuk memperingati hari kartini 2022. Ohya jangan lupa bahwa ini hanya contoh, silahkan kalian kembangkan sesuai dengan pemikiran kalian agar karakter pidato sesuai dengan kondisi kalian. Jangan lupa untuk bagikan ilmu bermanfaat ini ke teman-teman kalian supaya kalian mendapatkan pahala berbagi kesesama. Terima Kasih atas kunjungannya. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url