Download Naskah Pidato Sambutan Hardiknas Menteri Pendidikan 2022

Naskah Sambutan Pidato Hari Pendidikan Nasional Oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi - Hay sobat bermanfaat, kali ini admin akan membagikan naskah pidato sambutan hari pendidikan nasional pada tahun 2022. Yang dimana akan diperingati pada tanggal 2 mei 2022 nanti atau setiap tanggal 2 mei. 
Hal ini perlu kita ketahui terkait dengan sejarah masa lalu kenapa bisa kita peringati hari pendidikan nasional tersebut. Yuk kita bahas sedikit tentang sejarah pendidikan nasional sebelum kalian download naskah pidato hardiknas 2022. 

Perlu kita ketahui siapa yang telah mempelopori pendidikan nasional, tentunya ada banyak namun ada salah satu orang yang sangat andil dalam pendidikan nasional kita yaitu Bapak Ki Hajar Dewantara. 

Ki Hajar Dewantara merupakan Mentri Pengajaran pertama Kabinet Presiden Soekarno yang kemudian menjadi Kementrian Pendidikan dan Pengajaran dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ki Hajar Dewantara juga merupakan Pahlawan Nasional ke-2 yang ditetapkan Presiden pada tanggal 28 November 1959 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959. Dengan Keppres itu dia juga ditetapkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Berdasarkan pemberitaan Harian Kompas, 2 Mei 1968, karena jasa-jasanya, Ki Hadjar Dewantara mendapatkan penghargaan dari pemerintah. 

Dia dianggap telah memelopori sistem pendidikan nasional berbasis kepribadian dan kebudayaan nasional. Mengutip Kompas.com, 2 Mei 2020, Ki Hajar Dewantara pernah bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, yakni Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Dia menjadi salah satu penulis andal. tulisannya sangat komunikatif, tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat anti penjajahan.

Selain menjadi wartawan muda, Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Salah satunya aktif pada organisasi Budi Utomo. Setelah itu pada tanggal 25 Desember 1912 dirinya mendirikan Indische Partij bersama dengan Douwes Dekker dan Cipto Mangunkusumo. 

Namun, Indische Partij ditolak oleh Belanda dan menggantinya dengan membentuk Komite Bumiputera pada 1913. Komite tersebut bertujuan untuk melancarkan kritik terhadap pemerintah Belanda yang bermaksud merayakan seratus tahun bebasnya negeri Belanda dari penjajahan Perancis dengan menarik pajak dari rakyat kecil. 

Ki Hajar Dewantara mengkritik tindakan perayaan tersebut melalui tulisan yang berjudul Als Ik Eens Nederlander Was (Seandainya Aku Seorang Belanda) dan Een voor Allen maar Ook Allen voor Een (Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk satu juga). Akibat tulisan tersebut, Ki Hajar Dewantara ditangkap Pemerintah Hindia Belanda dan dibuang ke Pulau Bangka. Namun, Ki Hajar Dewantara memilih untuk dibuang ke Belanda dan diizinkan oleh Pemerintah Hindia Belanda. 

Selama menjalani masa pembuangan di Belanda, Ki Hajar Dewantara memanfaatkannya dengan banyak belajar. Dirinya mempelajari masalah pendidikan dan pengajaran. Bahkan, prestasinya ditunjukkan dengan memperoleh Europeesche Akter.

Pada 1918, Ki Hajar Dewantara kembali ke Indonesia setelah menjalani hukuman selama masa pembuangan. Sekembalinya ke tanah air, Ki Hajar Dewantara bertekad untuk membebaskan rakyat Indonesia dari kebodohan untuk mewujudkan Indonesia merdeka. 

Dirinya mendirikan Perguruan Nasional Taman Siswa (National Onderwijs Institur Taman Siswa) pada 3 Juli 1922. Pendidikan ini bertujuan menanamkan rasa kebangsaan mencintai tanah air untuk berjuang memperoleh kemerdekaan. 

Ki Hajar Dewantara juga aktif menulis dengan tema pendidikan dan kebudayaan berwawasan kebangsaan. Melalui tulisannya tersebut, dia berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Untuk mengenang jasa dan perjuangan Ki Hajar Dewantara, pemerintah memberikan julukan "Bapak Pendidikan" dan menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Nah itu tadi kiprah Bapak Pendidikan Nasional yang kita kenal dengan nama Ki Hajar Dewantara. Dimana pada tanggal 2 mei pihak kementrian akan membagikan link download naskah pidatonya. Yang dimana untuk mengenang jasa dan meneruskan dari perjuangan Bapak Pendidikan Naasional.

Ohya langsung saja kalian bisa ambil atau unduh atau download naskah pidato menteri pendidikan memperingati hardiknas tahun 2022 di bawak ini.

Silahkan klik di bawah ini
Next Post Previous Post
6 Comments
  • Syamsul Hadi
    Syamsul Hadi 12 Mei 2022 11.24

    Terima kasih, link sudah diperbarui, akhirnya dapat naskah hardiknas 2 mei 2022

    • Maslikhah
      Maslikhah 12 Mei 2022 11.25

      Sama2, silahkan di share untuk yang membutuhkan...

  • Anonim
    Anonim 12 Mei 2022 14.02

    tolong di bagi linknya bapak ibu

    • Syamsul Hadi
      Syamsul Hadi 12 Mei 2022 14.16

      Klik download , trus ikuti saja... Kuncinya sabar dan teliti

  • Lilis Suryani
    Lilis Suryani 12 Mei 2022 17.27

    GIMANA DOWNLOADNYA DAH DI KLIK DOWNLOAD MALAH BEGITU JUGA KLUARNYA.

    • Maslikhah
      Maslikhah 12 Mei 2022 17.58

      Silahkan klik link download dan tunggu bbrpa detik.. nnti di akhr artikel ada menuju link..

Add Comment
comment url