Perhatikan Gambar Jantung dan Pembuluh Darah di Bawah ini!

Perhatikan Gambar Jantung dan Pembuluh Darah di Bawah ini! - Hay guys kali ini kita akan membahas tentang soal jantung manusia. Yang dimana mempunyai fungsi sangat vital dalam tubuh manusia. Ohya kemaren awal tahun 2022 ada berita jantung manusia digantikan oleh jantung babi karena manusia gagal jantung, alhasil tidak sampai 2 bulan orang yang mendapatkan transplantasi jantung meninggal. Oke langsung saja kepembahasan apa itu Jantung ? Jantung  (Latin, cor) adalah rongga organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Sarana jantung istilah yang terkait dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ tubuh manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Ruang Jantung

Terbagi atas 4 ruang:

1. Atrium kanan dan Atrium kiri yang dipisahkan oleh septum Intratrial
2. Ventrikel kanan dan Ventricel kiri yang dipisahkan oleh septum  Intervertikular.
  • Atrium kanan menerima darah de-oksigen dari tubuh melalui vena kava superior (kepala dan tubuh bagian atas) dan inferior vena kava (kaki dan dada lebih rendah). Simpul sinoatrial mengirimkan impuls yang menyebabkan jaringan otot jantung dari atrium berkontraksi dengan cara yang terkoordinasi seperti gelombang. Katup trikuspid yang memisahkan atrium kanan dari ventrikel kanan, akan terbuka untuk membiarkan darah de-oksigen dikumpulkan di atrium kanan mengalir ke ventrikel kanan.
  • Ventrikel kanan menerima darah de-oksigen sebagai kontrak atrium kanan. Katup paru menuju ke arteri paru tertutup, memungkinkan untuk mengisi ventrikel dengan darah. Setelah ventrikel penuh, mereka kontrak. Sebagai kontrak ventrikel kanan, menutup katup trikuspid dan katup paru terbuka. Penutupan katup trikuspid mencegah darah dari dukungan ke atrium kanan dan pembukaan katup paru memungkinkan darah mengalir ke arteri pulmonalis menuju paru-paru.
  • Atrium kiri menerima darah beroksigen dari paru-paru melalui vena paru-paru. Sebagai kontraksi dipicu oleh node sinoatrial kemajuan melalui atrium, darah melewati katup mitral ke ventrikel kiri.
  • Ventrikel kiri menerima darah yang mengandung oksigen sebagai kontrak atrium kiri. Darah melewati katup mitral ke ventrikel kiri.
Katup aorta menuju aorta tertutup, memungkinkan untuk mengisi ventrikel dengan darah. Setelah ventrikel penuh, mereka kontrak. Sebagai kontrak ventrikel kiri, menutup katup mitral dan katup aorta terbuka. Penutupan katup mitral mencegah darah dari dukungan ke atrium kiri dan pembukaan katup aorta memungkinkan darah mengalir ke aorta dan mengalir ke seluruh tubuh.

Soal :

Perhatikan gambar jantung dan pembuluh darah di bawah ini!
Jantung sebagai pemompa akan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Perjalanan darah dipengaruhi antara lain kondisi pembuluh darah.

Jantung sebagai pemompa akan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Perjalanan darah dipengaruhi antara lain kondisi pembuluh darah. Ibarat kita berkendara di jalan raya kecepatan kita tergantung keadaan jalan raya. Semakin sedikit hambatan, perjalanan akan semakin cepat, demikian sebaliknya.

Apa yang terjadi pada tubuh seseorang jika mengalami kondisi pembuluh darah seperti pada gambar di atas?

A. Sirkulasi darah tidak lancar karena adanya bekuan darah yang disebut embolus.
B. Sirkulasi darah tidak lancar sehingga tekanan darah naik, orang akan mengalami hipertensi.
C. Sirkulasi darah pada arteri koronaria lambat yang akan mengakibatkan penyakit jantung koroner.
D. Elastisitas otot pembuluh darah berkurang, orang akan menderita aterosklerosis.
E. Elastisitas otot arteri koronaria menurun, orang akan menderita myocardial infarction.

Jawaban :

C. Sirkulasi darah pada arteri koronaria lambat yang akan mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Pembahasan :

Gambar diatas menunjukkan gambar jantung dan arteri koronaria. Arteri koronaria merupakan pembuluh darah yang membawa darah dan nutrisi untuk jantung. Apabila arteri koronaria kehilangan elastisitasnya, dapat meyebabkan sirkulasi darah pada arteri koronaria menjadi tidak lancar dan mengarah pada penyakit jantung koroner.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url