BAGAIMANAKAH CARA MELAKSANAKAN KB (KELUARGA BERENCANA)

Bagaimana Cara Melaksanakan KB (keluarga berencana) - Keluarga berencana atau lebih akrab disebut KB adalah program skala nasional untuk menekan angka kelahiran dan mengendalikan pertambahan penduduk di suatu negara.  Sebagai contoh, Amerika Serikat punya program KB yang disebut dengan Planned Parenthood.

Program KB juga secara khusus dirancang agar menciptakan kemajuan, kestabilan, kesejahteraan ekonomi, sosial, serta spiritual setiap penduduknya. Keluarga berencana adalah program yang juga diatur dalam UU N0. 10 tahun 1992 yang dijalankan dan diawasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Wujud dari program keluarga berencana adalah pemakaian alat kontrasepsi untuk menunda serta mencegah kehamilan.

Nah umumnya ne guys, banyak keluarga di Indonesia yang memakai KB alat kontrasepsi, tapi ada juga kok cara KB tanpa alat, seperti soal di bawah ini.

Soal

Bagaimanakah cara melaksanakan KB (keluarga berencana) bagi pasangan suami istri yang tidak menggunakan alat kontrasepsi?

Jawaban :

Dengan cara kontrasepsi alami dengan metode kalender.

Pembahasan :

Keluarga Berencana (KB) merupakan suatu program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk. Tujuan KB yaitu menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan jumlah kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertumbuhan penduduk.

Kontrasepsi alami dengan metode kalender yaitu dengan cara memahami siklus menstruasi dari seorang wanita. Siklus menstruasi wanita dihitung dari hari pertama ia menstruasi. Hari pertama menstruasi juga menandai dimulainya pematangan folikel telur yang baru. Pada umumnya, menstruasi berlangsung selama satu minggu (hari 1--7 siklus). Setelah menstruasi berakhir, masuklah ke fase fertil (fase dimana kesempatan terjadinya fertilisasi tinggi) yang berkisar 2 minggu. Satu minggu berikutnya adalah fase infertil, yaitu hari-hari sebelum terjadinya menstruasi. Dengan demikian, masa subur seorang wanita berada pada hari ke 8--19 siklus.

Nah itu dia jawaban dari pertanyaan bagaimana cara KB tanpa alat kontrasepsi. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada orang sekitar kalian ya guys. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url