JUKNIS PPDB JATIM SMA SMK 2022/2023

Juknis PPDB Jawa Timur Jenjang SMA SMK 2022/2023 - Hai sobat bermanfaat, kali ini admin akan sedikit fokus di artikel PPDB, supaya admin bisa membantu kalian dalam mendaftar sekolah yang diinginkan dengan tepat. Ohya kita sedikit baca sambutan dari kepala dinas pendidikan jatim ya. Sebagai salah satu pilar pembangunan manusia di jawa timur, dinas pendidikan provinsi jawa timur terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Untuk mempercepat pencapaian sasaran pembangunan pendidikan, dinas provinsi jawa timur telah melakukan banyak terobosan yang dilaksanakan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Salah satunya adalah dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA, SMK, dan SLB Provinsi jawa timur tahun pelajaran 2022/2023.

Pelaksanaan PPDB jawa timur tahun 2022 berpedoman pada peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang penerimaan peserta didik baru dan peraturan gubernur jawa timur nomor 15 tahun 2022 tentang pedoman pelaksanaan penerimaan peserta didik baru pada sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan dan sekolah luar biasa. Secara umum sistem seleksi PPDB dilaksanakan secara daring dan beberapa satuan pendidikan secara luring. Hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendaftar dan memantau hasil PPDB selama masih diterapkannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pandemi corona 2019 di jawa timur.

Ada beberapa yang wajib kalian perhatikan dalam mendaftar, dan pastikan juga apa saja yang perlu kalian siapkan dalam mendaftar PPDB Jatim 2022. Untuk itu silahkan kalian pastikan jalur apa saja yang kalian pilih.

calon peserta didik baru memverifikasi nilai rapor yang telah diisikan oleh sekolah asal secara online melalui aplikasi PPDB mulai 27 mei 2022 sampai dengan 30 mei 2022 melalui situs ppdb.jatimprov.go.id

Adapun jalur PPDB Jatim 2022 sebagai berikut :
  1. Jalur Afirmasi
  2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali
  3. Jalur Prestasi Hasil Lomba
  4. Jalur Prestasi Nilai Akademik
  5. Jalur Zonasi
Penjelasan lebih lengkap bisa download juknis diakhir artikel

Kemudian ada lagi yang harus kalian perhatikan selain daripada jalur masuk, yaitu adalah proses tahapan dalam mendaftar, antara lain sebagai berikut :
  • Pagu calon peserta didik baru
  • Tahapan pendaftaran
  • Tata cara pengambilan PIN
  • Tata cara pendaftaran untuk calon peserta didik
  • Kriteria pemeringkatan
  • Pengumpulan dan cetak bukti penerimaan
  • Tata cara daftar ulang
Penjelasan lebih lengkap bisa download juknis diakhir artikel

Nah untuk lebih jelasnya terkait dengan artikel tentang juknis pelaksanaan PPDB Jatim 2022 yang dimana ini adalah langkah awal kalian dalam merintis cita-cita sehingga jadi nyata. Oke terima kasih kunjungannya, semoga kalian sukses dalam proses dan hasilnya.

Silahkan klik di bawah ini
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url