JUKNIS PPDB JATIM SMA SMK 2023/2024

Juknis PPDB Jawa Timur Jenjang SMA SMK 2023/2024 - Hai sobat bermanfaat, kali ini admin akan sedikit fokus di artikel PPDB, supaya admin bisa membantu kalian dalam mendaftar sekolah yang diinginkan dengan tepat. 

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Untuk mempercepat pencapaian sasaran pembangunan pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur telah melakukan banyak inovasi yang dilaksanakan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Salah satunya adalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa Negeri Provinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2023/2024 yang dilaksanakan secara objektif, transparan, akuntabel, dan tanpa diskriminasi.
Pelaksanaan PPDB Jawa Timur tahun 2023 berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru dan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Luar Biasa. Secara umum PPDB dilaksanakan secara online dan beberapa satuan pendidikan secara offline. Hal ini bertujuan untuk mempermudah peserta didik, orang tua, masyarakat untuk mendaftar dan memantau hasil PPDB.

Ada beberapa yang wajib kalian perhatikan dalam mendaftar, dan pastikan juga apa saja yang perlu kalian siapkan dalam mendaftar PPDB Jatim 2023. Untuk itu silahkan kalian pastikan jalur apa saja yang kalian pilih.

Adapun jalur PPDB Jatim 2023 adalah sebagai berikut :
  1. Jalur Afirmasi
  2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali
  3. Jalur Prestasi Hasil Lomba
  4. Jalur Prestasi Nilai Akademik
  5. Jalur Zonasi
Penjelasan lebih lengkap bisa download juknis diakhir artikel

Kemudian ada lagi yang harus kalian perhatikan selain daripada jalur masuk, yaitu adalah proses tahapan dalam mendaftar, antara lain sebagai berikut :
  • Pagu calon peserta didik baru
  • Tahapan pendaftaran
  • Tata cara pengambilan PIN
  • Tata cara pendaftaran untuk calon peserta didik
  • Kriteria pemeringkatan
  • Pengumpulan dan cetak bukti penerimaan
  • Tata cara daftar ulang
Penjelasan lebih lengkap bisa download juknis diakhir artikel

Nah untuk lebih jelasnya terkait dengan artikel tentang juknis pelaksanaan PPDB Jatim 2023 yang dimana ini adalah langkah awal kalian dalam merintis cita-cita sehingga jadi nyata. Oke terima kasih kunjungannya, semoga kalian sukses dalam proses dan hasilnya.

Silahkan klik di bawah ini
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url